Home / Kegiatan Kwarcab/Kwarran / KWARDA LAMPUNG TEMUI PELAKU SEJARAH TRANSPRAM II

KWARDA LAMPUNG TEMUI PELAKU SEJARAH TRANSPRAM II

Pengurus Kwartir Daerah Lampung yang dipimpin Wakil Ketua V bidang Sarpras AKBP (Purn) Hi. Dharsono, SH menemui para pelaku sejarah Transmigrasi Pramuka (Transpram) II di Desa Rajabasalama II Kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur pada rabu siang (28/11) di balai desa setempat. Hadir pada pertemuan tersebut Kepala Desa Rajabasa Lama II Bapak Jumaidi, mantan Danki Transpram Kak Hendy Sunaryo beserta tokoh masyarakat setempat.

Untuk diketahui, bahwa keberadaan masyarakat Transpram II didesa ini tidak terlepas dari keberhasilan program Transpram I yang berada di desa Way Abung (kini berada diwilayah Tulang Bawang Barat). Keberhasilan tersebut menjadi penyemangat Kwartir Nasional untuk melaksanakan Program Transpram II dengan peserta juga dari Kabupaten Jombang Jawa Timur. Transpram II ini ditempatkan di desa Rajabasa Lama Kecamatan Way Jepara kabupaten Lampung Tengah (Kini menjadi Desa Rajabasa Lama II, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur). Transpram II ini diikuti oleh 102 orang Pramuka Penegak – Pandega dengan Komandan Kompi kak Hendy Sunaryo.

Pada mulanya, para transmigran pramuka ini ditampung dalam barak yang sengaja dibangun untuk mereka dan diberi bekal hidup untuk jangka waktu satu tahun. Selanjutnya secara bertahap dan mandiri para transmigran ini membangun rumah tinggalnya dan tahun 1974 Kwarda Lampung mengadakan Perkemahan Daerah dengan kegiatan pokok membangun rumah tinggal bersama-sama dengan para transmigran.

Selain bersilatuhmi, pertemuan dengan para pelaku sejarah Transmigrasi Pramuka (Transpram) II tersebut juga membahas Bumi Perkemahan (Buper) Pramuka yang berada didesa tersebut. (liputan oktri/ Pusinfoda)

About pramuka lampung

Check Also

TINGKATKAN MENTAL SPIRITUAL PRAMUKA, KWARCAB TUBA BARAT ADAKAN CERAMAH RAMADHAN DAN BUKA PUASA BERSAMA

Tulangbawang Barat – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tulangbawang Barat menggelar acara Ceramah Ramadhan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 6 =


 

%d blogger menyukai ini: