Home / Kakak Harus Tahu / Presiden Joko Widodo Jadi Pembina Upacara Hari Pramuka secara Virtual

Presiden Joko Widodo Jadi Pembina Upacara Hari Pramuka secara Virtual

JAKARTA—Presiden Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka menjadi Pembina Upacara Hari Pramuka ke-59 pada Rabu, 12 Agustus 2020. Upacara yang biasanya diselenggarakan secara langsung atau tatap muka kini dilakukan secara virtual mulai pukul 15.00 WIB.

Kak Joko Widodo berada di Istana Negara, sementara Ketua Kwartir Nasional Pramuka Kak Budi Waseso dan petugas upacara berada di Pusdiklatnas Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur. Karena Covid-19, jumlah peserta upacara hanya 50 orang dan menerapkan protokol kesehatan.

_Live streaming_ dilakukan dari gedung Pusdiklatnas Pramuka yang diikuti pengurus 34 Kwartir Daerah di tingkat provinsi, ratusan Kwartir Cabang di kabupaten/kota, 11 Gugusdepan di KBRI/KJRI di luar negeri, dan disaksikan jutaan Pramuka melalui Youtube.

Tema Hari Pramuka kali ini adalah “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”.  Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bangsa Indonesia, juga di seluruh dunia,” kata Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso.

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan para pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter, untuk menumbuhkan kaum muda yang memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pramuka siaga, penggalang, penegak, pandega dan anggota dewasa Gerakan Pramuka telah menerapkan protokol kesehatan sejak Covid-19 mewabah pada Maret 2020. Kwarnas membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Covid dan menggerakkan Pramuka Peduli di seluruh kwartir untuk membantu pemerintah daerah mengendalikan wabah, serta membantu warga yang terdampak.

Banyak kwartir dan gugusdepan melakukan kegiatan dan pelatihan secara daring untuk terus meningkatkan kecakapan hidup pramuka dan menjalin silaturahmi dengan pramuka di dalam dan luar negeri. “Kegiatan penanggulangan wabah penyakit tersebut merupakan bukti eksistensi bahwa Gerakan Pramuka menjadi bagian penting dalam upaya bela bangsa dan negara kita tercinta,” ujar Kak Budi Waseso.

Kwartir Nasional berharap rencana revisi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka terus dilanjutkan oleh DPR dan pemerintah. Diharapkan undang-undang hasil revisi dapat menangkap kebutuhan masa kini dan masa depan yang pada akhirnya mampu menjadikan Gerakan Pramuka sebagai organisasi yang lebih mandiri dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

“Revisi itu perlu dan mendesak untuk memberi ruang gerak yang lebih besar bagi Gerakan Pramuka menggali sumber pendanaan dengan pengelolaan asset yang lebih baik dan menjadi landasan yuridis dukungan pemerintah yang lebih tepat sasaran dengan pembentukan Satuan Kerja tersendiri yang langsung di bawah Bapak Presiden, baik selaku Kepala Pemerintahan maupun Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka,” ujar Ketua Kwarnas.

Pada Upacara Hari Pramuka ke-59 kali ini diberikan tanda penghargaan anggota Gerakan Pramuka. Penghargaan Melati kepada Kak Ganjar Pranowo, selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah. Penghargaan Darmabakti kepada Kak Agus Thamran, pelatih pembina pramuka Kwarcab Jakarta Pusat. Penghargaan Karyabakti untuk Kak Muhammad Ikhsan Idris, Ketua Satgas Penanganan Covid, Kwarda Sulawesi Selatan.

Selain itu Penghargaan Teladan kepada tiga peserta didik, yaitu adik Muhammad Sadam Alamsyah (Dewan Kerja Cabang Kota Bogor, Kwarda Jawa Barat), adik Nunuk Hidayati (Wakil Ketua DKD Kwarda Jawa Timur), dan adik Abdul Ibrahiim (Ketua DKR Loa Janan, Kwarda Kalimantan Timur).

Kak Ganjar Pranowo yang saat ini menjadi Gubernur Jawa Tengah dikukuhkan sebagai Ketua Mabida Kwarda Pramuka Jawa Tengah pada tahun 2013 dan tahun 2019. Beliau menerima Penghargaan Darmabakti Pramuka tahun 2018 dan menjadi anggota Dewan Ambalan Penegak pada saat menjadi pramuka penegak di Gugusdepan pangkalan SMA Negeri Purworejo.

About pramuka lampung

Check Also

KETUA KWARCAB WAY KANAN KAK EDWARD ANTONY BERPULANG, PRAMUKA LAMPUNG BERDUKA

  BANDAR LAMPUNG – Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, kabar duka bagi segenap Pramuka Lampung, khususnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 9 =


 

%d blogger menyukai ini: