Home / Kakak Harus Tahu / RAKERNAS 2020, Peningkatan Peran Gerakan Pramuka dalam Bela Negara dan Penanggulangan Bencana

RAKERNAS 2020, Peningkatan Peran Gerakan Pramuka dalam Bela Negara dan Penanggulangan Bencana

JAKARTA – Kwarda Lampung ikutserta dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka 2020 yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang juga anggota Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, Kak Zainudin Amali di Cibubur, Rabu siang, 19 Februari 2020.

Utusan Kwarda Lampung yang dipimpin langsung Ketua Kwarda Lampung kak Idrus Effendi beranggotakan Waka Orgakum Prof. Wan Abbas Zakaria, Waka Binawasa kak Hi. Abdullah RM, Sekretaris Kwarda kak Mubasit, Waka Pusdiklatda kak Kardiman Sulisto, dan Ketua DKD Lampung Yopi Yuansa.

Rakernas 2020 yang akan berlangsung hingga 21 Februari 2020 mendatang mengangkat tema “Peningkatan Peran Gerakan Pramuka dalam Bela Negara dan Penanggulangan Bencana”. Terkait dengan tema Rakernas tersebut, pada 4 Februari 2020 lalu, Gerakan Pramuka mendapatkan penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). BNPB menilai Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sebagai organisasi/NGO yang peduli dan berperan aktif dalam penanggulangan dampak bencana selama 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan saat Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2020 (Rakornas PB 2020) di Sentul Internasional Convention Center, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ikut serta dalam penanggulangan dampak bencana adalah salah satu implementasi Gerakan Pramuka terhadap kode kehormatan, yaitu Dasa Darma, khususnya yang kedua “cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”, serta kelima, “rela menolong dan tabah”. Gerakan Pramuka juga memiliki satuan Pramuka Peduli yang berkoordinasi dengan BNPB.

Para personel Pramuka Peduli tidak tiba-tiba menjadi relawan di setiap bencana, tapi sudah melalui pendidikan dan pelatihan sebelumnya. Dengan ketrampilan yang diperolehnya, mereka menyumbangkan bakti kepada masyarakat dan Ibu Pertiwi. Pramuka Peduli ada di tingkatan Kwartir Nasional dan tingkatan-tingkatan di bawahnya. “Pramuka juga diharapkan dapat terus meningkatkan kepedulian sosial dalam bentuk bakti masyarakat (community service) dan pembangunan masyarakat (community development).

About pramuka lampung

Check Also

TURUT SUKSESKAN UNBK, SATGAS PRAMUKA PEDULI SEMPROT DESINFEKTAN DI SMAN 14 BANDAR LAMPUNG

BANDAR LAMPUNG – Kwarda Gerakan Pramuka Lampung melalui Bidang Abdimasgana turut serta berpartisipasi dalam mensukseskan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 7 =


 

%d blogger menyukai ini: