Home / Kakak Harus Tahu / PRAMUKA SIAP SEDIA MEMBANGUN KEUTUHAN NKRI

PRAMUKA SIAP SEDIA MEMBANGUN KEUTUHAN NKRI

Lampung Barat – Puncak Peringatan Hari Pramuka ke 58 Daerah Lampung Tahun 2019 ditandai dengan Apel Besar Hari Pramuka yang dilaksanakan Stadion Sekala Bekhak, Kawasan Sekuting Terpadu, Lampung Barat, Kamis, 29-8-2019. Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim bertindak sebagai Pembina Upacara yang diikuti oleh 5.000 anggota Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega Lampung Barat serta Kwartir Cabang se-Lampung.Turut hadir Forkompinda Provinsi Lampung selaku Mabida Lampung, Bupati dan Walikota selaku Ketua Mabicab se-Lampung, jajaran Kwartir Daerah, Kwartir Cabang se-Lampung.

Apel Besar Hari Pramuka ke-58 yang bertema “Bersama Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, akan diawali menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars Jayalah Pramuka. Acara selanjutynya Laporan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung, penghormatan kepada Panji Gerakan Pramuka, penyerahan Tanda Penghargaan Orang Dewasa dan amanat Pembina Upacara.

Dalam Hari Pramuka Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso diantaranya mengajak anggota Gerakan Pramuka untuk menjadi generasi yang mencintai lingkungan sebagai wujud dari rasa kasih sayang setiap anggota Pramuka bagi diri sendiri dan generasi penerusnya. Mengembangkan sikap hidup dan standar berperilaku baru, yang diharapkan dapat membudaya, mengakar dan terinternalisasi secara mendalam dalam lubuk hati setiap anggota Gerakan Pramuka. Kepedulian akan kelestarian lingkungan bukan sekedar formalitas dan seremonial belaka, melainkan menjadi sikap hidup dan standar berperilaku yang dipedomani setiap anggota Pramuka. Salah satunya dengan melakukan aksi nyata “perang terhadap sampah plastik”, melalukan empat R (refuse, reuse, reduce dan recycle) dalam kehidupan sehari-hari. Pengejawantahan kecintaaan pada alam tersebut juga wujud lain kesiapan dan kesediaan anggota Pramuka membangun keutuhan NKRI

Upaya memelihara kelestarian lingkungannya, menjadi hal utama yang harus dilakukan agar tidak timbulnya berbagai bencana, seperti: banjir, longsor, kebakaran hutan dan lahan. Hal ini juga sejalan dengan tujuan bernegara “melindungi segenap bangsaIndonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia”. Keutuhan NKRI tidak boleh dipertaruhkan, dengan alasan apapun. Oleh karena itu, memberikan respons yang tepat terhadap bencana menjadi kewajiban dan tanggung jawab setiap orang, termasuk anggota Pramuka. Karenanya Gerakan Pramuka tidak dapat dan tidak boleh berpangku tangan setiap kali terjadi bencana, tetapi mengambil peran aktif bersama instasiterkait melakukan tindakan pertolongan pertama yang diperlukan (first aid). Untuk itu, setiap anggota Pramuka diharapkan menjadi kesatria yang sadar bencana, yang rela menolong dan rela berkorban bagi sesama, serta tabah ketika menghadapi bencana.

Di era keterbukaan dan perkembangan global, tentunya berimplikasi terhadap tantangan dan ancaman, sehingga perlu kesamaan cara pandang dan bahasa dalam menyikapi berbagai permasalahan, khususnya hal-hal yang mengancam keutuhan NKRI. Gerakan Pramuka adalah wadah tunggal, dan karenanya kita semua bersatu didalamnya. Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI, dimana anggota Pramuka harus menepati janjinya Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka sebagai pedoman bagi setiap anggota Gerakan Pramuka.

Wakil Gubernur Chusnunia Chalim juga menegaskan bahwa keberadaan Lampung Barat sebagai Kabupaten Konservasi perlu diapresiasi dan didukung demi kelestarian sumberdaya alam diantaranya dengan menjaga kelestarian satwa diantaranya gajah sumatera, badak sumatera dan harimau sumatera dari ancaman yang mengganggu, utama perburuan satwa. Kita lawan jerat sebagai bentuk perlindungan terhadap keselamatan satwa yang menjadi kebanggan kita bersama. Kelestarian flora dan fauna menjadi daya tarik bagi pariwisata alam Indonesia dan Lampung. Dan Pramuka menjadi bagian terdepan dalam penyelamatan dan pelestarian sumber daya alam kita.

Rangkaian Acara Hari Pramuka ke-58 dimulai dengan Perkemahan Pramuka, Kirab Panji Gerakan Pramuka yang melewati Kwarcab Bandar Lampung, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat dan Lampung Barat, Penghijauan, Bakti Sosial, Pameran, Ulang Janji dan Renungan Suci, serta puncaknya Apel Besar Hari Pramuka. Berbagai atraksi kepramukaan dan atraksi budaya turut mewarnai dan meramaikan kemeriahan Hari Pramuka ke-58 di Bumi Sekala Bekhak, Lampung Barat, jelas Idrus Effendi Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung.

About pramuka lampung

Check Also

PRAMUKA IKUTI BIMTEK KADER PEMBERI INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

BANDAR LAMPUNG – Dalam rangka mensosialisasikan kepada masyarakat tentang Obat, Makanan dan Kosmetik Aman, Balai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 5 =


 

%d blogger menyukai ini: