Home / Kegiatan Kwarda / Abdimasgana Kwarda Lampung Kunjungi Lampung Selatan, Ini Yang Dilakukan

Abdimasgana Kwarda Lampung Kunjungi Lampung Selatan, Ini Yang Dilakukan

Kalianda – Lampung Selatan adalah salah satu wilayah yang terdampak tsunami Selat Sunda yang terjadi pada 22 Desember 2018 lalu. Bencana tersebut tentu mengundang keprihatinan semua pihak untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana. Demikian halnya dengan Kwartir Daerah Lampung, melalui Bidang Pengabdian Masyarakat & Penanggulangan Bencana (Abdimasgana) dan relawan Satgas Pramuka Peduli terlibat langsung membantu masyarakat yang terdampak bencana.

Kamis (3/1/2019) siang, Abdimasgana Kwarda Lampung meninjau Posko Pramuka Peduli yang dikelola oleh Kwartir Cabang Lampung Selatan yang terletak di Desa Hargo Pancuran. Posko yang bersebelahan dengan pos pantau Gunung Anak Krakatau ini bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk membantu kelancaran pendistribusian bantuan. “Kita berdayakan masyarakat karena mereka yang tahu kondisi medan” jelas Ketua Harian Kwarcab Lampung Selatan kak Sukadi yang didampingi wakil sekretaris Kak Amin Waluyo saat berkoordinasi dengan Tim Abdimasgana. Menurutnya, bantuan yang disalurkan Insha Allah telah tepat sasaran.

Sekretaris Abdimasgana, Kak Yuliana Saleh yang mewakili Waka Abdimasgana kak Sumarju Saeni mengatakan bahwa tim abdimasgana secara langsung berkoordinasi dan mengkomunikasikan penanganan pasca tsunami yang sudah dan akan dilaksanakan oleh Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Lampung Selatan. “Bantuan dan pendistribusiannya harus tercatat dan terkelola dengan baik.” harapnya.

Pengelolaan dan penyaluran bantuan yang dilakukan oleh Pramuka Peduli nantinya tidak hanya saat masa tanggap darurat, namun juga akan berkelanjutan. Ini mengingat Kwarda Lampung telah membuka rekening donasi melalui Bumbung Kemanusiaan yang juga harus disalurkan tepat sasaran dan berdayaguna untuk masyarakat khususnya yang berkaitan dengan pendidikan.

Usai melakukan koordinasi dengan Kwarcab Lampung Selatan, Tim Abdimasgana yang dipimpin oleh Ketua Harian Kwarda Lampung kak Zainuri juga berkesempatan melihat secara langsung kondisi masyarakat terdampak tsunami yang terpaksa mengungsi didaerah perbukitan di Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan. Kunjungan tersebut sekaligus memberikan semangat kepada anak-anak usia sekolah untuk tetap optimis melanjutkan sekolahnya.

Kak Zainuri dan Tim Abdimasgana juga berkesempatan memberikan arahan dan motivasi kepada Satgas Pramuka Peduli yang sedang bertugas membantu masyarakat yang mengungsi di lapangan tenis indoor Kalianda. Satgas Pramuka Peduli yang ditempatkan dilapangan tennis indoor ini tercatat berjumlah 46 orang yang bertugas secara bergantian membantu didapur umum, pendistribusian bantuan, dan lain lain. “Kwarda Lampung memberikan apresiasi yang tinggi kepada adik-adik Pramuka yang secara sukarela telah membantu masyarakat yang sedang kena musibah” Pungkas kak Zainuri. (Pusinfoda)

About pramuka lampung

Check Also

LAMPUNG KIRIM 292 PRAMUKA KE PERTIKAWAN 2019, ini kegiatannya

BANDAR LAMPUNG – Sebanyak 292 Pramuka dilepas Ketua Kwarda Lampung kak Idrus Effendi pada Sabtu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 5 =


 

%d blogger menyukai ini: