Home / Kegiatan Kwarda / BERI SEMANGAT, KWARDA LAMPUNG KUNJUNGI POSKO KARYA BAKTI PRAMUKA

BERI SEMANGAT, KWARDA LAMPUNG KUNJUNGI POSKO KARYA BAKTI PRAMUKA

Untuk mengapresiasi Pramuka yang terlibat dalam membantu kelancaran arus mudik lebaran tahun 2019, Kwarda Lampung pada minggu (02/06/2019) melakukan kunjungan ke posko pengamanan dan rest area dijalur mudik lebaran 2019. Keterlibatan Pramuka dalam pengamanan arus mudik ini adalah bagian dari Gerakan Nasional Karya Bakti Pramuka yang dicanangkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Kak Yuliana Saleh selaku Sekretaris Bidang Abdimasgana mewakili Waka Abdimasgana Kak Sumarju Saeni menjelaskan untuk melakukan kunjungan tersebut, Kwarda Lampung membagi personil kedalam tiga tim dengan tujuan jalur mudik yang berbeda diwaktu yang bersamaan. Untuk wilayah Lampung Selatan, tim pertama yang terdiri dari Kak Yuliana Saleh, Kak Lia Kristiana, dan Kak Feri Darmawan mengunjungi posko karya bakti lebaran di Pelabuhan Bakauheni. Posko ini dibuka sejak H-5 dengan melibatkan 35 orang pramuka dan H+5 Idul Fitri dengan melibatkan 70 orang pramuka.

Di Pelabuhan Bakauheni ini, Pramuka membantu masyarakat pemudik mencarikan bus khusus untuk ibu hamil, balita, lansia, dan difabel. Selain itu, pramuka membantu pengaturan kendaraan yang memasuki pintu tol gate pelabuhan, membantu pemudik yang kerepotan dengan barang bawaanya di area tangga pelabuhan, memberi infomasi terkait fasilitas yang ada di area pelabuhan, serta menginformasikan jalur mudik, dll.

Disela kunjungan ke Lampung Selatan, tim mengunjungi Kantor Kwarcab Lampung Selatan untuk menyerahkan piagam perhargaan sebagai apresiasi untuk 108 Pramuka telah menjadi relawan Pramuka Peduli pada korban bencana Tsunami Selat Sunda

 

 

Posko terakhir yang dikunjungi tim ini adalah Posko Karya Bakti dari Kwarcab Bandar Lampung yang berada di Simpang Kali Balok Bandar Lampung. Posko ini menyediakan fasilitas tempat istirahat, cek kesehatan, tempat ibadah, toilet, makanan/minuman bagi pemudik.

 

 

Untuk wilayah Kota Metro, Kwarda mengirimkan tim kedua yang terdiri dari Kak Darja, Kak Fendi, dan kak Maman untuk mengunjungi posko pengamanan dan rest area yang berada di taman kota depan Masjid Taqwa. Posko yang melibatkan Satuan Karya Bhayangkara Kota Metro ini bertugas membantu pemudik yang melintas dan menyediakan tempat beristirahat termasuk pelayanan kesehatan. Kunjungan tim ini berlanjut ke wilayah Lampung Tengah. Posko yang dikunjungi berada di depan Masjid Istiqlal Bandar Jaya. Berdasarkan hasil pemantauan, Pramuka ditempat ini bertugas membantu pemudik yang melintas dan membantu masyakarat yang menyebrang jalan dari dan menuju pasar Bandar Jaya.

 

Sementara itu Tim ketiga yang terdiri dari kak Aria Guna, Kak Vivi dan Kak Hendri mengunjungi Posko Pam dan Rest Area di Tugu Bambu Pringsewu. Menurut laporan, posko ini adalah satu-satunya posko yang berada di Pringsewu. Personil yang bertugas adalah gabungan dari unsur kepolisian, Pramuka, medis, PMI, dll. Kunjungan tim dilanjutkan ke Posko Karya Bakti yang dikelola oleh Kwarcab Pesawaran yang terletak di desa Taman Sari. Kondisi lalu lintas dikedua posko tersebut, terpantau aman dan lancar.

 

Dengan kunjungan dan pemantauan yang dilakukan Kwarda Lampung ini diharapkan dapat memberikan semangat serta apresiasi kepada Pramuka yang dikunjungi. “Kami juga memberikan pesan agar adik-adik Pramuka dapat berhati-hati dalam menjalankan tugas dan tetap menjaga kesehatan dan keselamatan diri” Pungkas Kak Yuliana Saleh. ( Pusinfoda )

About admin-pramukalampung

Check Also

KAK IDRUS EFFENDI LANTIK 21 PENGURUS KWARDA MASA BAKTI ANTAR WAKTU

Bandar Lampung – Sebanyak 21 orang pengurus Kwarda Lampung masa bakti antar waktu dilantik diacara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 9 =


 

%d blogger menyukai ini: