Home / Kegiatan Kwarda / RAKERDA 2019 SATUKAN GERAK LANGKAH PROGRAM PEMBINAAN PRAMUKA

RAKERDA 2019 SATUKAN GERAK LANGKAH PROGRAM PEMBINAAN PRAMUKA

Bandar Lampung – Dalam rangka sinergitas program pembinaan Gerakan Pramuka Lampung, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung gelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda), pada Sabtu, 4-5-2019 di Graha Bakti Pramuka, Bandar Lampung.

Rakerda 2019 yang dibuka oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka yang diwakili Waka Binamuda Kak Supriyadi diikuti perwakilan 15 Kwartir Cabang Se-Lampung, Pimpinan Satuan Karya Pramuka (Saka), Satuan Komunitas (Sako), Andalan Daerah dan Mabida Gerakan Pramuka Lampung secara keseluruhan mencapai 200 orang.

Ketua Panitia Rakerda kak Prof. Dr. Ir Wan Abbas Zakaria menjelaskan dalam release hasil Rakerda 2019 menyebutkan bahwa rapat kerja ini bertujuan menyatukan gerak langkah Kwarda dan Kwarcab dalam perencanaan dan pelaksanaan programnya.

Lebih lanjut, kak Abbas yang juga menjabat Kepala Puslitbangnas menambahkan bahwa Rakerda 2019 mengambil Tema “Tingkatkan Kualitas melalui Akreditasi Gugus Depan”. Tema ini merupakan kelanjutan dari Hasil Rakerda 2018 yang menyepakati bahwa Tahun 2018/2019 adalah “Tahun Data Dasar dan Akreditasi Gugus Depan”.

Gugus Depan merupakan ujung tombak pelaksanaan pendidikan kepramukaan guna menghasilkan peserta didik yang memiliki karakter Pancasila yang kuat dan memiliki kecakapan hidup yang sesuai dengan zamannya, imbuhnya.

Pelaksanaan Rakerda diawali dengan pleno I dengan agenda penyampaian hasil Sidparda 2019 oleh Ketua DKD Lampung Yopi Yuansa yang dilanjutkan dengan pemaparan pelaksanaan program 2018, Sosialisasi Program 2019, dan Rancangan Program 2020 oleh ketua Kwarda Lampung yang dibacakan Sekretaris Kwarda Kak Mubasit.

Pada sesi tanggapan umum, pada umumnya kwartir cabang mengungkapkan permasalahan aset lahan baik untuk kantor maupun bumi perkemahan yang belum tersertifikasi. Untuk itu, mereka meminta Kwarda untuk membantu penyelesaiannya. Selain itu, mereka juga mengeluhkan minimnya anggaran untuk melaksanakan program yang telah dicanangkan.

Pada sesi pleno II dilakukan pemilihan 1 calon anggota LPK Kwarda masa bakti antar waktu 2015-2020 yang menggantikan anggota LPK yang berhalangan tetap. Peserta Rakerda menyepakati Kak H.A. Kabir, M.Ed dari unsur Mabida. Hasil pemilihan ini selanjutnya akan diteruskan kepada Kwartir Nasional untuk pengesahannya.(Pusinfoda)

About admin-pramukalampung

Check Also

BBPOM GAGAS PEMBENTUKAN SAKA PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN

Bandar Lampung – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Bandar Lampung melaksanakan Sosialisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 6 =


 

%d blogger menyukai ini: