Home / Kegiatan Kwarda / PERINGATI HARI BAPAK PRAMUKA INDONESIA, KWARDA LAMPUNG LAKSANAKAN UPACARA DAN JUM’AT BERSIH

PERINGATI HARI BAPAK PRAMUKA INDONESIA, KWARDA LAMPUNG LAKSANAKAN UPACARA DAN JUM’AT BERSIH

 

Pramukalampung.or.id – Bertempat di halaman Graha Bakti Pramuka, pagi ini Jum’at (12/04/2019), Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung melaksanakan upacara peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia yang diikuti Wakil Sekretaris Kwarda, staf dilingkungan Sekretariat Kwarda Lampung, dan DKD Lampung.

Kak Mubasit, S.Ag., MM selaku Sekretaris Kwarda bertindak selaku Pembina Upacara yang mewakili Ketua Kwarda Lampung kak Idrus Effendi. Kak Mubasit membacakan sambutan tertulis Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Budi Waseso. Kak Budi Waseso dalam sambutannya mengharapkan anggota Gerakan Pramuka dapat mencontoh dari teladan yang diberikan Bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Semangat kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia ditunjukan ketika beliau dengan senang hati menerima Presiden Soekarno dan para pimpimpin lainnya yang terpaksa mengungsi ke Yogjakarta pada masa perang kemerdekaan. Selain itu, semangat Sri Sultan Hamengku Buwono IX ditunjukan sejak muda aktif dalam gerakan kepanduan.

Didunia internasional, Sri Sultan Hamengku Buwono IX pernah berpidato dalam Konferensi Kepanduan Dunia di Tokyo Jepang yang berjudul Renewing Of Scouting (Memperbaharui Gerakan Kepanduan). Pada intinya, beliau mengajak agar gerakan kepanduan lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat luas. Ide tersebut kemudian di adopsi oleh World Organization of the Scout Movement (WOSM) dengan memperbanyak kegiatan-kegiatan community development. Atas jasa-jasa beliau itulah, kemudian Sri Sultan Hamengku Buwono IX dianugerani Bronze Wolf Award oleh WOSM, yakni penghargaan tertinggi dalam duania kepanduan internasional.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah salah satu tokoh kunci yang ikut mendirikan dan membesarkan Gerakan Pramuka. Dan tercatat dalam sejarah, beliau adalah Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kurun waktu 1961 hingga 1973. Untuk itulah kemudian, selain peringatan Bapak Pandu Dunia, pada 22 Februari, khusus di Indonesia juga dilaksanakan Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia pada setiap 12 April.

 

Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia dilingkungan Kwarda Lampung ini diisi dengan kegiatan Jum’at Bersih dilingkungan komplek Kwarda Lampung (Pusinfoda).

About pramuka lampung

Check Also

JOKO WIDODO PIMPIN APEL BESAR HARI PRAMUKA

Cibubur – Presiden Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka bertindak sebagai Pembina …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 4 =


 

%d blogger menyukai ini: