Home / Kakak Harus Tahu / Gerakan Pramuka Dukung “Earth Hour” 2019

Gerakan Pramuka Dukung “Earth Hour” 2019

Gerakan Pramuka mendukung penuh gerakan “Earth Hour” 2019, kampanye global untuk mendorong kesadaran pentingnya keanekaragaman hayati yang saat ini dalam ancaman kerusakan dan kepunahan. Melalui kampanye global itu, setiap orang diajak untuk bertindak dan berperilaku sehat menjaga kelestarian lingkungan hidup.


Apalagi Gerakan Pramuka sebagai gerakan pendidikan yang kegiatannya lebih banyak di alam terbuka, tentu merasa perlu menjaga agar alam terbuka tetap lestari. Sehingga pendidikan kepramukaan dapat terus lebih banyak diselenggarakan di alam terbuka, agar anak dan remaja semakin menyadari keindahan anugerah Tuhan pencipta alam semesta ini.

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua (Waka)/Ketua Komisi Kehumasan dan Informatika Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Kak Berthold Sinaulan, dalam jumpa pers “Earth Hour” 2019 di Stasiun MRT Dukuh Atas BNI Jakarta pada Rabu, 27 Maret 2019 siang.

Mengingat tema acara itu untuk tahun ini adalah “Gunakan Transportasi Publik untuk Bumi yang Lebih Sehat”,Kak Berthold juga mengatakan bahwa sebagai organisasi pendidikan, Gerakan Pramuka mendidik para peserta didiknya untuk berperilaku baik di semua moda transportasi publik.Antara lain membudayakan antre, tidak buang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan di halte, terminal, stasiun,pelabuhan,dan bandara,serta mendidik untuk memberikan tempat duduk kepada yang lebih membutuhkan,misalnya lansia,ibu hamil,ibu yang membawa bayi atau balita, dan penyandang disabilitas.
Sementara Waka/Ketua Komisi Kerjasama Dalam Negeri Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Dede Yusuf, menambahkan bahwa sejak lama Pramuka telah menaruh perhatian pada isu-isu lingkungan,seperti membantu pelestarian flora dan fauna,memperbaiki terumbu karang yang rusak, membersihkan sungai dan pantai,dan lainnya.

Kak Dede juga mengharapkan kerjasama antara Gerakan Pramuka dengan WWF (World Wildlife Fund) yang menyelenggarakan “Earth Hour” dapat membantu para anggota Gerakan Pramuka lebih memahami pentingnya pelestarian lingkungan, yang pas gilirannya membantu upaya pelestarian lingkungan di semua tempat. (Foto: kak Haerudin/Humas Kwarnas) – sumber ig @gerakanpramuka

 

About admin-pramukalampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 7 =


 

%d blogger menyukai ini: